PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Industri dan Penyegar

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Industri dan Penyegar

Kolaborasi BSIP TRI - BB PPMPV BMTI : Tingkatkan Kompetensi SDM Bidang Pengembangan Bioenergi




Selasa,(23/1) Kepala Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Industri dan Penyegar (BSIP TRI), Dr. Tedy Dirhamsyah, SP, M.A.B, menerima kunjungan dari widyaiswara dan tim Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BB PPMPV BMTI ), Kemdikbudristek. Kunjungan ini menandai awal dari kemitraan strategis dalam upaya meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pengembangan bioenergi. Bertempat di Laboratorium Lapang Bioenergi, Kepala BSIP TRI memaparkan inovasi-inovasi dalam pengembangan tanaman penghasil biodiesel serta mesin bioreaktor.

 
Pengembangan bioenergi menjadi suatu keharusan, terutama saat persediaan bahan bakar fosil semakin menipis, dan dampak negatif penggunaannya terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Indonesia, dengan kekayaan hayati yang melimpah, memiliki potensi besar untuk mengembangkan tanaman penghasil bahan bakar nabati (BBN) serta berpeluang untuk menjadi produsen bioenergi.
 
Niamul Huda, S.T, M.Pd. menyampaikan pentingnya mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT). Menurutnya, dengan mempersiapkan SDM yang unggul merupakan salah satu bentuk komitmen kita dalam menyikapi tantangan transisi energi kedepannya.
 
BSIP TRI, sebagai lembaga yang mengampu pengembangan standar tanaman penghasil biodiesel, menjadi rujukan dan mitra strategis bagi BB PPMPV BMTI. Inovasi yang telah dihasilkan di BSIP TRI merupakan ilmu pengetahuan dan keahlian yang dapat dipelajari baik oleh pendidik maupun siswa. Dengan demikian, melalui kerjasama ini diharapkan akan muncul generasi penerus bangsa yang mampu menjadi tenaga penggerak percepatan bioenergi di tanah air di masa depan.