PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Industri dan Penyegar

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Industri dan Penyegar

Kolaborasi Pertanian Press dan BSIPTRI: Mendorong Penyebarluasan Inovasi Pertanian Melalui Tulisan




BSIP TRI menggelar kegiatan Koordinasi Penyusunan Buku pada Rabu-Kamis (25-26/01), sebagai bagian dari upaya meningkatkan kompetensi penyebarluasan informasi dan inovasi melalui tulisan. Dalam sambutannya, Kepala BSIP TRI, Dr. Tedy Dirhamsyah, S.P., M.A.B. menyampaikan bahwa menulis adalah keahlian yang membutuhkan latihan. Kegiatan koordinasi penyusunan buku ini merupakan peluang yang sangat baik untuk mengasah kemampuan menulis, terlebih dengan adanya bimbingan dari tim Pertanian Press sebagai penyelenggara.  Kegiatan koordinasi penulisan buku ini diikuti oleh para pegawai BSIP TRI, khususnya pejabat fungsional tertentu.  Selama dua hari, narasumber dari Pertanian Press (Eni Kustanti, S.Pi., M.I.Kom dan Dr. Bambang Winarko) memaparkan pedoman penulisan buku, dan artikel KTI populer, beserta praktek penyusunan proposal buku.

 
"Penyebarluasan informasi melalui tulisan, baik buku maupun artikel majalah memiliki daya jangkau yang luas dan dapat menjadi panduan bagi masyarakat pertanian. Kemitraan dengan Pertanian Press memberikan dorongan positif dalam upaya kita memastikan inovasi dan teknologi terkini dapat bermanfaat secara maksimal bagi petani di seluruh Indonesia," ujar Kabalai.
 
Pemimpin Redaksi Pertanian Press,  Ifan Muttaqien,S.P., M.IT,  menegaskan bahwa komitmen Pertanian Press untuk memfasilitasi dan mendampingi publikasi dalam bidang pertanian di lingkup Kementerian Pertanian. Publikasi melalui tulisan, baik dalam bentuk buku maupun KTI populer merupakan alat efektif dalam menyebarkan informasi terkait inovasi dan teknologi pertanian. 
 
Output yang diharapkan setelah mengikuti koordinasi ini adalah semakin termotivasinya pegawai BSIP TRI pada khususnya untuk menulis sebagai salah satu bentuk kinerja dan semakin optimalnya penyebarluasan informasi hasil standardisasi tanaman industri dan penyegar melalui publikasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat.