PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Industri dan Penyegar

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Industri dan Penyegar

Focus Group Discussion (FGD) RSNI Benih Kakao BSIP TRI




Bogor, 3 Mei 2024 – Dalam rangka perumusan Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) bidang perkebunan tahun 2024, Balai Pengujian Standardisasi Instrumen Tanaman Industri dan Penyegar (BSIP TRI) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) RSNI Benih Kakao. Kegiatan yang berlangsung secara daring pada Kamis, 2 Mei 2024 ini dihadiri oleh Konseptor RSNI Benih Kakao, Sekretariat Komtek 65-18 Perkebunan, dan Pejabat Fungsional Tertentu lingkup BSIP TRI.

 
FGD diawali dengan laporan dari Kepala BSIP TRI Dr. Tedy Dirhamsyah, SP, MAB dan arahan serta pembukaan acara oleh Kepala Pusat Standardisasi Instrumen Perkebunan (BSIP Perkebunan) Ir. Syafaruddin, Ph.D. Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan materi dari narasumber, yaitu Funny Soesanthy, S.P., M.Si dari BSIP TRI yang mempresentasikan draft RSNI Benih Kakao BSIP TRI, Dr. Agung Wahyu Susilo, S.P., M.P dari Puslitkoka yang menyampaikan materi Syarat Mutu Benih Kakao di Lapangan dan Laboratorium, serta narasumber dari BBPPTP Surabaya Cahyo Artho Nugroho, S.P., M.P yang memberikan materi Pengujian dan Sertifikasi Benih Kakao di Lapangan dan Laboratorium.
 
Acara diakhiri sesi diskusi tanya jawab perumusan RSNI oleh konseptor dan perwakilan dari sekretariat komtek dengan para narasumber serta beberapa masukkan. Diskusi berlangsung dengan antusias dan menghasilkan beberapa poin penting untuk penyempurnaan draft RSNI Benih Kakao. FGD RSNI Benih Kakao di BSIP TRI ini diharapkan dapat menghasilkan SNI Benih Kakao yang berkualitas dan bermanfaat bagi para pemangku kepentingan di bidang perkebunan kakao serta pertanian di Indonesia pada umumnya.